MATRIK
SKALA
Penentuan Dampak Penting
1.
Kualitas
Udara
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Sangat Kecil
|
Kecil
|
Sedang
|
Besar
|
Sangat Besar
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
CO dalam 8 jam
|
||||
< 5
ppm
|
6 - 10 ppm
|
11 – 17 ppm
|
18 – 34 ppm
|
7 / 35 ppm
|
Particular
|
||||
< 50
ppm
|
50 - 15
|
51 – 350 ppm
|
350 – 420 ppm
|
7 / 42 ppm
|
Nitrogen Dioksida
|
||||
<
1130 ppm
|
1131 – 2260
|
2261 – 3000
|
3001 – 3750
|
7 / 3751
|
Sulfur dioksida
|
||||
< 80
ppm
|
81 – 362
|
366 – 800
|
801 – 1600
|
7 / 1601
|
Ozon O3
|
||||
<
120 ppm
|
121 – 235
|
235 – 400
|
401 – 800
|
7 / 801
|
Rona Awal :
5 ppm
Rona akhir :
6 ppm, 2 ppm, 8 ppm, 11 ppm, 14 ppm, 12 ppm, 15 ppm, 13 ppm, 16 ppm, 10 ppm, 17
ppm, 20 ppm
Dampak
penting
2.
Kebisingan
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Sangat Kecil
|
Kecil
|
Sedang
|
Besar
|
Sangat Besar
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
0
- 65 dB
|
66 - 75 dB
|
76
- 85 dB
|
86
- 100 dB
|
101
- 140 dB
|
Rona awal : 30 dB
Rona akhir : 35 dB , 60 dB, 78 dB, 100 dB, 78 dB, 98
dB, 46 dB, 89 dB, 76 dB, 88 dB, 110 dB, 64 dB
Dampak
penting
3.
Transportasi
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Sangat baik
|
Baik
|
Sedang
|
Besar
|
Sangat besar
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
10
– 25 / jam
|
26
– 35 / jam
|
36
– 50 / jam
|
51
– 80 / jam
|
80
– 100 / jam
|
Rona
awal : 20 kendaraan / jam
Rona
akhir : 50 kendaraan / jam, 45
kendaraan / jam, 25 kendaraan / jam, 17 kendaraan / jam, 26 kendaraan / jam, 33
kendaraan / jam, 40 kendaraan / jam, 60 kendaraan / jam, 13 kendaraan / jam, 35
kendaraan / jam, 37 kendaraan / jam
Dampak penting
4.
Kemacetan
lalu lintas
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Sangat baik
|
Baik
|
Sedang
|
Besar
|
Sangat besar
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
10
– 25 / jam
|
26
– 35 / jam
|
36
– 50 / jam
|
51
– 80 / jam
|
80
– 100 / jam
|
Rona
awal : 20 kendaraan / jam
Rona
akhir : 50 kendaraan / jam, 45
kendaraan / jam, 25 kendaraan / jam, 17 kendaraan / jam, 26 kendaraan / jam, 33
kendaraan / jam, 40 kendaraan / jam, 60 kendaraan / jam, 13 kendaraan / jam, 35
kendaraan / jam, 37 kendaraan / jam
Dampak penting
5.
Pertumbuhan
Fauna
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Sangat baik
|
Baik
|
Sedang
|
Besar
|
Sangat besar
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
81
- 100 ekor / bulan
|
61
– 80 ekor / bulan
|
41
– 60 ekor / bulan
|
21 – 40 ekor / bulan
|
0 - 20 ekor / bulan
|
Rona awal : 97 ekor / bulan
Rona akhir : 80 ekor, 75 ekor, 90 ekor, 70 ekor, 81
ekor, 85 ekor
Dampak
tidak penting
6.
Pertumbuhan
flora
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Sangat baik
|
Baik
|
Sedang
|
Besar
|
Sangat besar
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
81
- 100 %/ bulan
|
61
– 80% ekor / bulan
|
41
– 60% ekor / bulan
|
21 – 40% ekor / bulan
|
0 – 20% ekor / bulan
|
Rona awal : 100 %
Rona akhir : 80 %, 75 %, 90 %, 70 %, 81 %, 85 %
Dampak
tidak penting
7.
Kesempatan
kerja
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Sangat baik
|
Baik
|
Sedang
|
Besar
|
Sangat besar
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
81
- 100 % /bulan
|
61
– 80% /bulan
|
41
– 60% /bulan
|
21
– 40% /bulan
|
0 – 20% /bulan
|
Rona awal : 25 %
Rona akhir : 80 %, 75 %, 70 %, 81 %, 85 %
Dampak
tidak penting
8.
Pendapatan
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Sangat baik
|
Baik
|
Sedang
|
Besar
|
Sangat besar
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
81
- 100 % /bulan
|
61
– 80% /bulan
|
41
– 60% /bulan
|
21
– 40% /bulan
|
0 – 20% /bulan
|
Rona awal : 25 %
Rona akhir : 80 %, 75 %, 90 %, 70 %, 81 %
Dampak
tidak penting
9.
Mata
pencahariaan
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Sangat baik
|
Baik
|
Sedang
|
Besar
|
Sangat besar
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
81
- 100 % /bulan
|
61
– 80% /bulan
|
41
– 60% /bulan
|
21
– 40% /bulan
|
0 – 20% /bulan
|
Rona awal : 20 %
Rona akhir : 86 %, 65 %, 70 %, 81 %
Dampak
tidak penting
10. Kerawanan social
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Sangat baik
|
Baik
|
Sedang
|
Besar
|
Sangat besar
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
0
– 20% /bulan
|
21
– 40% /bulan
|
41
– 60% /bulan
|
61
– 80% /bulan
|
81 - 100 % /bulan
|
Rona awal : 30 %
Rona akhir : 86 %, 65 %, 70 %, 81 %, 50 %, 61 %
Dampak
penting
11. Adat istiadat
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Sangat baik
|
Baik
|
Sedang
|
Besar
|
Sangat besar
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
81
- 100
|
61
– 80
|
41
– 60
|
21
– 40
|
0
– 20
|
Rona awal : 35 %
Rona akhir : 75 %, 65 %
Dampak
tidak penting
12. Aspirasi masyarakat
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Sangat baik
|
Baik
|
Sedang
|
Besar
|
Sangat besar
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
81 - 100 % /bulan
|
61
– 80% /bulan
|
41
– 60% /bulan
|
21
– 40% /bulan
|
0 – 20% /bulan
|
Rona awal : 20 %
Rona akhir : 86 %, 65 %, 70 %,
Dampak
tidak penting
13. Penyakit
14. 1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Sangat baik
|
Baik
|
Sedang
|
Besar
|
Sangat besar
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
0
– 20% /bulan
|
21
– 40% /bulan
|
41
– 60% /bulan
|
61
– 80% /bulan
|
81 - 100 % /bulan
|
Rona awal : 10 %
Rona akhir : 65 %, 81 %, 86 %, 50 %, 61 %, 70 %
Dampak
penting
MATRIKS
LEOPOLD
Komponen
lingkungan
|
Rona Awal
|
Komponen Kegiatan
|
Keadaan lingkungan setelah operasional
|
Evaluasi
|
|||||||||||||||||||||||
Kualitas
|
Nilai
|
Nilai maks
|
%
|
Skala
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
Nilai
|
Maks
|
%
|
Skala
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
25
|
26
|
27
|
28
|
Kualitas
Udara
|
4
3
|
12
|
25
|
48
|
2
|
3
2
|
3
2
|
3
2
|
3
2
|
3
3
|
3
3
|
3
3
|
3
3
|
4
3
|
72
|
75
|
96
|
1
|
-
1
|
||||||||
Kebisingan
|
4
3
|
12
|
25
|
48
|
2
|
4
3
|
4
2
|
4
3
|
4
2
|
5
2
|
50
|
75
|
66,7
|
1
|
-1
|
||||||||||||
Transportasi
|
4
2
|
8
|
25
|
32
|
3
|
3
2
|
3
3
|
3
3
|
4
3
|
3
2
|
42
|
75
|
56
|
2
|
-1
|
||||||||||||
Kemacetan
|
4
3
|
12
|
25
|
40
|
2
|
3
3
|
3
2
|
3
3
|
4
3
|
3
3
|
45
|
75
|
60
|
1
|
-1
|
||||||||||||
Kerawanan
social
|
4
2
|
8
|
25
|
40
|
3
|
5
2
|
4
3
|
3
3
|
5
4
|
3
3
|
4
3
|
72
|
75
|
96
|
1
|
-2
|
|||||||||||
Penyakit
|
4
3
|
12
|
25
|
48
|
2
|
4
3
|
5
1
|
5
2
|
3
2
|
4
3
|
4
2
|
53
|
75
|
70,6
|
1
|
-1
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar